life has ups, life has downs, life is sad, life is happy, life is hurting, life is healing, life is loving, live is losing, life is pain, life is comfort, life is sorrow, life is joy, life is enemies, life is friends, life is want, life is need...
but above all, life is worth living...
-Meg Nicole

Friday, November 14, 2008

Manajemen Pemasaran Pariwisata

.::Manajemenen Pemasaran Pariwisata UPI BANDUNG::.
ini nama program studi gw,,disini gw belajar terasa lengkap dimana ilmu manajemen pemasaran dan pariwisatanya berjalan berimbang walau pada akhirnya ga terlalu banyak juga yang gw dapet (akibat kemalasan gw yang tingkat tinggi,heueheu),,di prodi ini kita belajar bagaimana caranya memasarkan sesuatu expecially dalam bidang pariwisata (Objek wisata, Hotel, F n B industri).
Prodi ini memang baru banget ada di UPI,berdiri pada tahun 2005 (dimana gw sebagai angkatan pertama) walaupun belum ada hasil lulusannya (karena mahasiswa/i angkatan tahun pertama baru mengikuti on the job training), tapi sejauh ini Prodi ini cukup diminati,,katanya sih peminat Prodi ini cukup mengalami kenaikan signifikan di tiap tahunnya...
Gini deh,,walaupun gw belum lulus,,n prodi ini belum bisa memperlihatkan hasil yang nyata,,tapi gw berani beriklan kalau Prodi ini cukup layak buat calon-calon mahasiswa yang tertarik dalam bidang Pariwisata dan juga ilmu manajemen pemasarannya...khususnya yang ga mampu masuk STP Bandung karena biaya mahal,,karena biaya kuliah di Prodi ini cukup terjangkau (UPI gitu Lho) walau untuk tahun2 ini mengalami kenaikan biaya yang lumayan tapi masi cukup terjangkau lah kalau masuknya lewat SNMPTN.

Ni gw copy dari www.upi.edu yang bahas tentang program2 studi kepariwisataan yang ada di UPI.
  1. Kepariwisataan
    Berdasarkan PP No. 6 Tahun 2004, FPIPS membuka program studi baru di luar bidang kependidikan, yaitu program studi kepariwisataan. Potensi Pengembangan kepariwisataan di Indonesia yang sangat besar masih memerlukan penanganan secara professional. Oleh karena itu untuk mendidik dan melatih calon tenaga profesional kepariwisataan masih terbuka.Sementara pendidikan kepariwisataan di Indonesia, yang di kelola oleh pemerintah hanya terdapat di kota Bandung ,Nusa Dua Bali, Makasar, dan Medan itupun dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata; sedangkan yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional belum ada.Oleh karena itu, UPI sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berstatus universitas negeri membuka studi bidang kepariwisataan yang belum pernah dibuka oleh lembaga pendidikan tinggi lain , baik swasta maupun pemerintah. Program-program studi yang dimaksud adalah program studi:
    • Manajemen Resort & Lesur (Resort & Leisure Manajement)
    • Manajemen Pemasaran Pariwisata (Tourism Marketing Management)
    • Manajemen Industri Katering (Catering Industry Management)
    Adapun jenjang pendidikan ketiga program tersebut adalah program strata satu (S1). Ketiga program studi tersebut merupakan program studi baru, tidak ada sebelumnya dan belum pernah ada di lembaga manapun, baik dalam keilmuan maupun dalam bidang kepariwisataan sendiri Aspek manajerial program studi ini lebih ditekankan secara komprehensif dan holistic yang mencakup pada paduan aspek operasi, kewilayahan, dan sosial budaya.Proses pembelajaran selain dijalankan dengan pendekatan teoritik juga dengan praktikum dan praktik kerja nyata yang berguna bagi penguasaan keterampilan yang memadai untuk propesi dan pekerjaan. Pembentukan ahlak dan norma sosial/agama yang dikembangkan dalam lingkungan yang kondusif bernuansa kependidikan.

3 comments:

Unknown said...

kk ..
prodi ini udah ter-akreditasi belum?
terus kalau udah lulus biasanya kerja di bidang apa umumnya?

Unknown said...

ka,
katanya kalau mau masuk Resort & Leisure Manajement tinggi badan juga jadi faktor penerimaan masuk ya ?

Aquilaria Malaccensis said...

Kalau ingin meneruskan dari D3 manajemen pemasaran ke S1 manajemen pemasaran pariwisata bisa engga ya?